Kamis, 29 Maret 2012

DASAR PEMIKIRAN


Keterpurukan Ummat Islam saat ini dan bangsa Indonesia pada umumnya dalam berbagai bidang adalah karena jauhnya ummat Islam dari ajaran Islam itu sendiri. Sejarah Islam telah membuktikan bahwa ketika ummat dekat dengan pengamalan Al Qur’an, maka ummat ini  Allah angkat derajatnya seperti yang terjadi di jaman kehidupan Rasulullah dan para sahabat serta di jaman Umar bin Abdul Aziz, sampai – sampai kemakmuran dirasakan merata sehingga orang kesulitan mencari orang yang berhaq menerima zakat, padahal Umar bin Abdul Aziz memimpin ummat kurang dari dua tahun. Apa gerangan yang menjadikan faktor kunci sukses kepemimpinan beliau?. Ternyata ketika beliau diangkat menjadi khalifah, maka langkah pertama yang dilakukan adalah mengganti pejabat-pejabat yang sudah terjangkit penyakit materialistis dan korup dengan para penghafal Al Qur’an yang konon belum mahir dalam ilmu kepemerintahan. Dengan Al Qur’an mereka menata pemerintahan yang jujur, berkeadilan dan pengamalan Al Qur’an telah menginspirasi rakyat yang dipimpin mencontoh para pemimpinnya yang terdiri dari para penghafal Al Quran.

Pendidikan yang menggunakan 80% waktunya hanya untuk CALISTUNG dan ilmu kognitif dan mengukur kecerdasan dengan  nilai angkadan jauh dari Al Qur’an sebagai tuntunan Ilahiyyah yang syarat dengan penanaman nilai nilai luhur “the best values”
Pembekalan ketrampilan hidup sangat minim, sedangkan sarana sumber belajar  yang sangat terbatas ditambah dengan kurikulum yang terlalu padat orientasinya pada pengetahuan sedangkan pelajaran seni, olah tubuh, praktek lapangan dan kreatifitas sangat minim bahkan kurang dari 7%.

Kondisi pendidikan seperti itulah yang membuat anak kurang minat terhadap pelajaran di sekolah dan sulit berfikir mandiri, kurang rasa ingin tahu dan takut mencoba hal baru, karena suasana pembelajaran di kelas hanya teacher oriented, sehingga terjadi disteachia, learning shutdown dan pembunuhan / pengkerdilan fitrah anak.

Maka sangat urgen menghadirkan lembaga pendidikan yang mengedepankan materi Ilahiyah yaitu Al Qur’an yang otentik sepanjang masa, memiliki kebenaran mutlaq serta jaminan solusi atas semua permasalahan ummat berbangsa dan bernegara. Pendidikan Tahfidz  Al Qur’an dengan menciptakan pembelajaran yang segar, fun learning, integrated learning dengan berwawasan salaf dan modern dengan mengedepankan penanaman aqidah dan materi diniyah serta belajar dari keteladanan guru dalam kegiatan belajar mengajar sehari penuh ( Full Day School )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar