KEBIJAKAN YANG DIAMBIL
S D I T / T K I T alam Qurani
1.
Menggunakan
mushaf hijazy.
2.
Menyamakan bobot menghafal dengan murojaah
( mengulang hafalan )
3.
Seminim mungkin menggunakan waktu
untuk pelajaran di luar Al Qur’an ( 2
jam per hari ) ditambah muatan
lokal [program khusus]
4.
Menggunakan
tema-tema yang diramu terpadu dengan semua bidang pelajaran dibingkai dengan
nilai-nilai Islam berdasarkan ayat-ayat Alqur’an, hadits Nabi SAW dan atsar
shohabat.
5.
Menggunakan
teknologi informatika dan buku elektronik [ebook] sebagai media pembelajaran Al quran kelas 4
6.
Menyajikan
metodologi Kegiatan Belajar Mengajar dengan mengembangkan seluruh aspek kecerdasan [multiple
intelegencies] berdasarkan gaya belajar anak dengan mengacu pada 3 kompetensi
pembelajaran yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dan menganggap ‘every
student can be a winner’
7.
Penerapkan ‘mastery learning’ yaitu sistem belajar tuntas, seluruh mata
pelajaran tuntas dipelajari dan dIberi penilaian saat jam sekolah
saja, dengan alasan
PR hanya menjadi beban bagi siswa dan membuat pekerjaan
tambahan bagi mushrif dan menyita waktu dan tenaga serta perhatian untuk
mengoreksinya. Padahal waktunya sangat bermanfaat untuk pengembangan
profesionalitasnya dan untuk berinovasi dalam membuat RPP [Rencan Program
Pengajaran] yang lebih menantang dan menyenangkan bagi murid. Dengan tiadanya beban
tersebut, murid akan memiliki waktu yang luas untuk
berinteraksi dengan Al Qur’an,kalaupun diberi tugas dan proyek sangat terbatas adalah yang
mendukung KBM di sekolah dalam rangka pengayaan dan pengembangan potensi diri atau remedial.
8.
Buku raport
perkembangan anak ada 2 jenis.
a.
Buku raport
akademik dari yayasan.
b.
Buku
raport narasi melaporkan pencapaian dan perkembangan tiap kompetensi yang
dicapai siswa, baik akademik [umum] maupun muatan lokal [ciri khas SD TAHFIDZ AL QUR’AN].
9.
Sistem
penilaian.
a.
Untuk Al qur’an berdasarkan
observasi kelancaran dan penerapan tajwid
b.
Untuk
pelajaran Agama Islam dan pelajaran Muatan Lokal Umum & Diniyah berdasarkan
observasi perilaku dan amaliyah harian, tes wawasan / kognitif dan sikap serta
hafalan materi-materi sumber dalil dan rujukan amaliyah ibadah.
c.
Untuk
pelajaran matematika dan bahasa berdasarkan praktek harian ulangan harian,
portofolio dan ujian akhir semester [UAS]
d.
Dilakukan
psikotes untuk mengetahui kondisi kematangan belajar anak.
Alhamdulillah, ikut gembira dan bersyukur atas terbentuknya Sekolah Alam yang bersifat Qur'ani
BalasHapus